Jika Arsenal Tak Kunjung Berubah, Arteta Bisa Dipecat

Cara bermain Arsenal terlihat mengalami kemajuan dibawah arahan Mikel Arteta. Namun, manajer asal Spanyol itu bisa bernasib sama seperti Unai Emery jika klub tak kunjung meraih hasil positif.

Sebagaimana diketahui, Mikel Arteta memang dipercaya menjadi manajer utama Arsenal menggantikan Unai Emery sejak Akhir Desember lalu. Dibawah arahannya, The Gunners tampak lebih baik.

Tercatat delapan pertandingan dimainkan Klub London Utara tanpa terkalahkan. Mereka juga sudah membaik dari segi pertahanan, kemudian gaya bermain juga sedikit lebih baik dibandingkan sebelumnya. Identitas Arsenal pun nampak jelas sedikit demi sedikit.

Pada intinya, manajer asal Spanyol yang sebelumnya bekerja sebagai assisten Pep Guardiola di Manchester City ini telah membuktikan kapasitasnya. Seolah, Dia mengembalikan daya juang yang sempat hilang dari wajah pemain-pemain Arsenal.

Hal serupa juga dituturkan oleh salah seorang Analisis Premier League, Tony Adams. Dia mengakui bahwa Arteta bekerja dengan sangat bagus di kursi pelatih Arsenal saat ini. Tapi Masalahnya Arteta bekerja dengan skuad warisan, bukan pemain-pemainnya sendiri.

Karenanya, Adams menilai bahwa Arteta harus mendapatkan pemain-pemain yang sesuai keinginannya, dan klub juga harus mendukung hal tersebut.

“Dia sudah bekerja sangat baik. Saa benar-benar menyukai dia dan antusiasmenya. Saya senang kondsinya baik-baik saja dan sudah pulih dari virus itu. 10 tahun terakhir saya sudah bicara soal rekrutmen mereka dan saya kira mereka harus benar-benar bekerja keras.” ujar Adams kepada Sky Sports.

Lebih lanjut menurut Adams, tidak ada gunanya memiliki sosok pelatih top jika memang kebijakan transfer pemain tak mendukung. Setidaknya, hal tersebutlah yang sebelumnya dialami oleh manajer Unai Emery.

Pelatih asal Spanyol tersebut pada akhirnya didepak dari kursi manajer setelah serangkaian hasil mengecewakan di awal musim ini.

“Pelatih tidak terlalu relevan. Unai Emery merupakan pelatih hebat tetapi rekrutmen tim membuatnya kesulitan. Jika Anda bisa memperbaiki itu, barulah pelatih punya kesempatan,” tandasnya.

Adapun, Arteta sendiri sekarang masih berjuang untuk pulih dari wabah Virus Corona yang sedang menjangkitnya sejak sepekan lalu. Kompetisi premier League juga sedang ditangguhkan untuk sementara waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *