Tanpa Jurgen Klopp, Liverpool Tidak Akan Seperti Sekarang

Keberhasilan Liverpool menjadi salah satu tim terbaik Eropa bahkan mungkin Dunia, diklaim tak terlepas dari campur tangan pelatih Jurgen Klopp. Tanpanya, Liverpool tidak akan seperti sekarang ini.

Klopp sendiri merapat ke Anfield di penghujung tahun 2015 silam. Meski awalnya kesulitan, tapi perlahan dia berhasil membuat Liverpool bangkit jadi tim yang kembali disegani di Semua ajang.

Puncak dari perjuangan Jurgen Klopp terbayar sejak musim kemarin, dimana Liverpool berhasil memenangkan gelar Juara Liga Champions Eropa. Prestasi Tim Marseyside kemudian dilengkapi dengan trofi Piala Super Eropa dan Piala Dunia antarklub.

Musim ini, Klopp semakin menjadi sosok yang spesial usai mengantarkan Liverpool jadi juara Premier League untuk pertama kalinya dalam 30 tahun terakhir.

Jadi tak heran jika bek Dejan Lovren menganggap pelatih berusia 53 tahun itu adalah sosok kunci dalam keberhasilan Liverpool sekarang ini.

“Dari sudut pandang saya, tanpa Klopp itu tidak akan sama. Kami semua bisa setuju dengan itu. Ia telah mengubah mentalitas kami, ia telah mengubah etos kerja kami. Ia mengubah banyak hal,”

“Tidak hanya dari segi sepak bola; ia juga mengubah banyak hal di sekitar klub, ia mendapatkan kepercayaan dari para pendukung dan bahkan di saat-saat buruk penggemar selalu bersama kami. Sangat menyenangkan melihat hal itu,” serunya pada situ resmi Liverpool.

Dejan Lovren adalah salah satu pemain yang merasakan pengalaman dilatih Jurgen Klopp sejak hari pertama sampai sekarang dimana sang bek akan meninggalkan Anfield untuk bergabung ke klub Rusia, Zenit St Petersburg.

Selama kurang lebih lima tahun, pemain Kroasia ini memiliki kedekatan yang bagus dengan Klopp baik di atas lapangan maupun di kehidupan biasa.

“Saya punya banyak masalah dan hanya ia yang tahu masalahnya. Ia seperti teman bagi saya, seperti seorang ayah, yang bisa saya datangi dan mengatakan semua masalahnya,”

“Suatu hari, kita akan melihat ke belakang dan kita bisa tertawa bersama dan berbagi kenangan indah. Inilah yang akan kita lakukan,” ungkap bek 31 tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *