Presiden Barca Ikut Komentari Kontroversi VAR dan Real Madrid

Belakangan ini, publik menilai bahwa Real Madrid arahan Zinedine Zidane kerap kali diuntungkan oleh VAR dan keputusan Wasit hingga bisa berdiri kokoh di puncak klasemen sementara. Mengenai hal tersebut, Josep Maria Bartomeu selaku Presiden Barca ikut berkomentar.

Tudingan itu kembali muncul saat Real Madrid berhadapan dengan Athletic Bilbao pada Senin (6/7/2020) kemarin. Sebagai informasi, Real Madrid berhasil meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0 dalam laga tersebut.

Satu-satunya gol yang diciptakan tim arahan Zinedine Zidane adalah lewat titik putih penalti. Mereka diberikan hadiah penalti oleh wasit setelag VAR melihat adanya pelanggaran yang dilakukan Dani Garcia pada Sergio Ramos dalam kotak terlarang.

Sang Kapten lantas maju sebagai eksekutor dan berhasil melesatkan bola ke celah kosong tuan rumah, membawa Madrid menang 1-0.

Setelah pertandingan, Iker Muniain tampak tidak terima dengan kekalahan timnya dan menuding bahwa wasit dan VAR terlalu memihak pada tim tamu.

Tudingan itu berkaitan dengan fakta bahwa wasit tidak menggubris kejadian yang menimpa rekan setimnya lewat VAR, di mana Sergio Ramos menginjak kaki Raul Garcia dalam kotak penalti.

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu ikut berkomentar tentang hal tersebut. Seolah ikut memperpanas kontroversi ini dengan menyebut bahwa VAR kerap menguntungkan tim yang sama.

“VAR tidak mencapai level yang diinginkan semua orang. Pasca lockdown, ada banyak laga yang belum ditentukan hasilnya dan ada tim yang sama selalu diuntungkan, dan banyak tim tidak beruntung,” ucap Bartomeu kala itu.

Tak hanya Bartomeu, Joseph Vives selaku Juru Bicara Barcelona juga mengatakan hal yang senada.

“Tidak ada yang bisa meragukan peran kepemimpinan Barcelona dalam kaitannya pada penerapan VAR di La Liga, namun belum ada keadilan, satu tim telah diuntungkan,”

“Tidak ada yang meragukan teknologi tersebut, itu absurd, kami terus melindungi VAR, namun penerapan beberapa peraturan harus dibenahi,” tutur Vives dikutip dari Marca.

Saat ini, Barcelona masih berada di peringkat ke-2 pada klasemen sementara. Di posisi tersebut, mereka masih tertinggal empat poin dari Real Madrid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *